Home » » Tips Mengatasi Komputer Terasa Lambat dan Mengetahui Penyebabnya

Tips Mengatasi Komputer Terasa Lambat dan Mengetahui Penyebabnya


Apakah sobat tahu siput? pasti tahu hewan yang berjalan lamban. bagaimana jika lambat terjadi pada komputer sobat?dan sebenarnya apa yang menyebabkan komputer berjalan lambat. masalah ini dapat disebabkan oleh salah satu kemungkinan di bawah ini.

     1.Tidak cukup ruang hard disk.
     2.Sisa program dan file yang buruk.
     3.Data terkorupsi.
     4.Hilang Windows update atau driver belum terupdate.
     5.Komputer mengalami overheating.
     6.OS yang rusak atau tidak original (contoh : windows 7 tanpa crack/SN bawaan)
     7.Bad Hardware.

Bagaimana untuk mengatasi masalah ini tanpa kita harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tentunya juga demi kenyamanan kita saar menggunakan laptop/komputer dan notebook. nah, berikut ini adalah solusinya :

NB:ini hanya mencakup sebuah komputer yang lambat secara keseluruhan dan bukan komputer yang memiliki boot lambat.
Berikut langkah untuk pengguna Microsoft Windows yang akan membantu mempercepat komputer atau menentukan mengapa komputer berjalan lambat.
Reboot/Restart
Jika komputer Anda belum me-reboot ,pastikan untuk reboot. karena itu penting sebelum mengikuti salah satu langkah langkah di bawah ini.
 
Tidak cukup ruang hard disk
Pastikan ada setidaknya 200-500MB ruang disk kosong hard drive. Ini ruang yang tersedia memungkinkan komputer memiliki ruang untuk swap file untuk meningkatkan ukuran serta ruang untuk file sementara.
 
Hard drive rusak atau terfragmentasi
Jalankan ScanDisk atau sesuatu yang setara untuk memverifikasi tidak ada yang salah dengan fisik hard disk komputer.Jalankan defrag untuk membantu memastikan bahwa data yang disusun dalam urutan terbaik. minimal defragment 3 bulan sekali.
 
Latar belakang program
Hapus atau menonaktifkan TSRs dan program startup yang otomatis memulai setiap kali komputer boot.
 
Tips: Untuk melihat program apa yang berjalan di latar belakang dan berapa banyak memori dan CPU, gunakan Task Manager. Jika Anda menjalankan Windows 7 , buka run kemudian ketikkan RESMON  ini berguna untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang bagaimana komputer anda sedang digunakan.
Jika Anda punya pemindai anti-virus pada komputer, program spyware, atau utilitas keamanan lainnya memastikan itu tidak memindai komputer Anda di latar belakang. Seringkali ketika program ini mulai memindai komputer dapat menurunkan kinerja keseluruhan komputer Anda.
 
Memindai/Menscan malware
spyware dan malware lainnya merupakan penyebab besar masalah komputer, termasuk komputer yang lambat. Bahkan jika pemindai anti-virus terinstal di komputer kita merekomendasikan menjalankan scan malware pada komputer. Gunakan versi gratis dari Malwarebytes untuk memindai komputer Anda untuk malware.
 
Terjadi  konflik Hardware
Verifikasi device manager agar tidak memiliki konflik. Jika ada ,segera atasi masalah ini karena bisa menjadi penyebab masalah anda.
 
Windows Update
Pastikan Anda memiliki semua update terbaru Windows yang diinstal di komputer.Jika anda menggunakan internet juga terasa lambat, pastikan semua plugin browser yang up-to-date.
 
Update driver
Pastikan Anda punya driver terbaru untuk komputer Anda. Terutama driver video terbaru. Memiliki out-of-date driver dapat menyebabkan berbagai masalah.
 
Komputer atau prosesor terlalu panas
Pastikan komputer Anda dan prosesor tidak terlalu panas, panas yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kinerja komputer bahkan beberapa prosesor akan menurunkan kecepatan prosesor secara otomatis untuk membantu mengimbangi isu-isu terkait panas.
Debu, kotoran, dan rambut juga dapat menyempitkan aliran udara yang tepat pada komputer Anda, yang juga dapat menyebabkan komputer terlalu panas. Pastikan komputer anda bersih dan fans tidak terhalang.

Langkah-langkah membersihkan komputer Anda.
 
Upgrade Memory
Jika Anda sudah komputer Anda selama lebih dari satu tahun maka kemungkinan besar komputer Anda tidak memenuhi persyaratan memori untuk hari ini. Hari ini, kami sarankan minimal komputer memiliki memori 1GB. tentukan berapa banyak RAM yang terinstal dan tersedia, karena itu penting.

Jalankan registry cleaner
Biasanya tidak disarankan pembersih registri. Namun, jika Anda telah mengikuti semua langkah di atas dan komputer Anda masih lambat coba jalankan registry cleaner pada komputer.

Instal ulang
Jika tidak ada solusi di atas menyelesaikan masalah Anda, disarankan bahwa Anda juga menginstal ulang Windows atau menghapus segala sesuatu dan kemudian memulai kembali.

Komputer lama (old system)
Jika komputer Anda lebih lama dari lima tahun mencapai kata sepakat bahwa kemungkinan besar usia komputer yang menyebabkan ia menjadi lambat. Komputer kemajuan pada tingkat yang mengkhawatirkan program-program baru dan update untuk program keluar peningkatan persyaratan minimum mereka dan akan menyebabkan komputer lama melambat. Jika komputer Anda lebih lama dari lima tahun sebaiknya membeli komputer baru atau hanya menyadari itu akan berjalan lambat karena sudah tua.

Catatan :
Hardware bermasalah
jika komputer Anda terus menjadi atau terasa lambat setelah melakukan setiap rekomendasi di atas mungkin saja komputer Anda mengalami masalah hardware yang lebih serius terkait seperti komponen gagal dalam komputer. Ini bisa menjadi hard drive gagal atau buruk, CPU, RAM, motherboard, atau komponen lainnya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Tips,Tricks,Info Komputer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger.com